Tuesday, July 24, 2012

Pentingnya Niat Dalam Segala Hal Khususnya Ibadah

عََنْ  اََمِِيْْر الْمُؤْمِنِيْنََ  اََبِِى حَفْْصٍ عُمََرَ ابْنِ الْخَطَّّابِ رَضِيَ اللَّهُُ  عََنْهُ قَالََ  : سَمِِعْْتُ  رََسُوْلََ اللَّهِ صَلََّى  اللَّّهُ عََلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : اِنَّمَا الاَعْْمََالُُ بِالنِِّّيَّاتِ واِِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى  فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ اِلَى اللََّهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ اِلَى اللَّهِ وَرَسُوْلِهِ وَمَن كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا اَوِامْرَاَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ اِلَى مَاهَاجَرَ اِلَيْهِ . رواه البخارى و مسلم

Artinya :
Diriwayatkan dari Amirul mukminin Abu Hafs Umar ibn Khottob r.a berkata : Saya telah mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda : Hanyalah amalan perbuatan itu tergantung pada niatnya . Dan hanyalah setiap orang itu tergantung pada apa yang diniatkan. Barang siapa yang berhijrah karena Allah dan Rasulnya maka hijrahnya itu menuju Allah dan Rasulnya, barangsiapa yang berhijrah karena dunia yang dia harapkan dan karena wanita yang hendak ia nikahi , maka hijrahnya menuju apa yang ia inginkan ( H.R. Bukhori Muslim )

Penjelasan singkat

Dari Hadits tersebut ada pelajaran yang sangat penting, yaitu amalan hati atau niat . Niat adalah kehendak hati untuk melakukan amalan tertentu.
Disitulah Allah melihat hati kita , bukan pekerjaan lahiriyah .


Pekerjaan lahiriyah walaupun sama sama dilakukan, namun nilainya di sisi Allah akan berbeda. Suatu pekerjaan yang seolah olah behubungan dengan masalah Dunia, namun jika diniatkan semata mata karena Allah , ada nilai pahalanya. Begitupula sebaliknya suatu pekerjaan yang seolah olah berhubungan dengan Ibadah tertentu, namun jika niatnya bukan karena Allah, maka  tidak ada nilai Ibadahnya .



Betapa pentingnya bagi setiap Muslim untuk selalu menyandarkan hatinya semata mata untuk Allah dalam setiap langkah dan nafas. Yang akan membuahkan nilai Ibadah pada setiap apa yang dilakukanya .

Niat juga bisa membedakan amalan Ibadah yang satu dengan Amalan Ibadah yang lainya .Maka dari itu Ulama menetapkan rukun dalam setiap Ibadah , sebagai rukun yang pertama adalah NIAT . Niat adalah pondasi utama dalam Ibadah Mahdhoh .
Tanpa niat yang benar , maka ibadah akan sia sia bahkan ditolaknya Suatu amalan Ibadah.

Wallahu "Alam